Breaking News

Pilkada Serentak Dimulai: Ajakan Menuju Pemilu Badunsanak di Kota Padang

Muharlion

D'On, Padang -
Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak telah resmi dimulai di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Padang. Tiga pasangan calon telah mendaftarkan diri dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Padang, siap bersaing untuk memimpin kota ini selama lima tahun ke depan. Dengan harapan yang tinggi, pelaksanaan Pilkada yang sukses diukur dari tingkat partisipasi masyarakat dan kelancaran setiap tahapan proses pemilihan. Untuk mencapainya, semua pihak harus bersatu dan bekerja sama.

Dalam upaya menyukseskan Pilkada ini, Ketua DPRD Kota Padang sementara, Muharlion, menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dan menjunjung tinggi prinsip Pemilu Badunsanak—sebuah konsep pemilu yang menekankan persaudaraan dan kebersamaan. "Kami harapkan pada pelaksanaan Pilkada nanti tidak ada yang namanya kampanye hitam atau upaya adu domba di antara masyarakat. Tujuan kita adalah menciptakan pemilu yang badunsanak," ujar Muharlion, Jumat (30/8).

Muharlion tidak hanya mengajak masyarakat, tetapi juga pasangan calon, ketua umum partai, dan tim relawan untuk bersama-sama menjaga kondusivitas dan persatuan selama Pilkada Kota Padang 2024. Ia menekankan pentingnya menjaga tali persaudaraan, mengingat bahwa masyarakat Minangkabau sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan. "Jangan sampai pesta demokrasi ini merusak persaudaraan kita. Orang Minang itu setelah pesta demokrasi selesai, kita kembali bersatu untuk Kota Padang. Para calon yang maju adalah kader terbaik yang memiliki tujuan sama, yaitu memajukan Kota Padang. Jangan sampai perbedaan pandangan membuat kita terpecah," tambahnya.

Muharlion mengapresiasi persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada di Kota Padang yang sudah berjalan cukup baik. Persiapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang dalam mengorganisir seluruh kebutuhan Pilkada, serta kesiapan aparat kepolisian yang bertugas menjaga keamanan, dinilai sudah optimal. "Tahapan-tahapan sudah berjalan dengan baik, mulai dari sosialisasi oleh KPU hingga proses pendaftaran yang berjalan aman dan kondusif. Polresta Padang, didukung Kodim dan unsur pengamanan lainnya, telah melakukan apel dan persiapan pengamanan Pilkada. Semua ini tentu harus kita dukung bersama," jelasnya.

Lebih lanjut, Muharlion menyoroti pentingnya menjaga Pilkada dari kampanye hitam dan penyebaran berita hoaks. Menurutnya, iklim demokrasi yang sehat dan bersih dari hoaks sangat penting untuk mewujudkan Pilkada Badunsanak yang ideal. "Mari kita hindari kampanye hitam dan hoaks yang bisa merusak suasana demokrasi kita. Bagi tim sukses pasangan calon, lebih elegan jika fokus menyampaikan visi dan misi daripada menyerang lawan politik," tutup Muharlion.

Sebagai penutup, Muharlion berharap agar Pilkada Padang 2024 menjadi momentum bagi masyarakat untuk merayakan demokrasi dengan semangat persatuan. Ia optimis bahwa jika semua pihak bekerja sama, Pilkada ini dapat berjalan lancar dan sukses, membawa Kota Padang ke arah yang lebih baik. Kini, tanggung jawab ada di tangan masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk menjaga semangat Pemilu Badunsanak dan mewujudkan Pilkada yang damai, jujur, dan adil. 

Dengan suasana penuh harapan, Kota Padang menantikan hari pemilihan, di mana suara masyarakat akan menentukan arah masa depan kota ini. Mari kita sambut Pilkada 2024 dengan optimisme dan semangat persaudaraan, demi masa depan yang lebih cerah untuk Kota Padang.

(Mond)

#PilkadaPadang #Padang #Politik #DPRDPadang