Breaking News

Spekulasi BG dan Kader PDIP Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Dasco Siap Klarifikasi ke Prabowo

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa DPR akan membahas tunjangan perumahan anggota pada Jumat, 4 Oktober 2024.


D'On, Jakarta –
Isu hangat berhembus kencang di tengah lanskap politik Indonesia menjelang pembentukan kabinet baru. Kali ini, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) dan dua kader PDI Perjuangan (PDIP), yakni Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey serta Abdullah Azwar Anas, dikabarkan akan bergabung dalam kabinet yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Spekulasi ini semakin ramai diperbincangkan di kalangan politisi maupun masyarakat, meski belum ada kepastian dari pihak terkait.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengaku dirinya ikut terkejut dengan isu tersebut. Sebagai salah satu sosok yang dekat dengan Prabowo, Dasco menegaskan bahwa ia belum mendapatkan informasi resmi atau sinyal apapun terkait hal ini.

“Kalau sampai dengan hari ini, saya juga masih menunggu atau mencari info apakah itu benar atau tidak, karena sejak kemarin memang media ramai sekali memberitakan hal ini,” ujar Dasco saat ditemui di Gedung DPR, kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Pencarian Jawaban Langsung ke Prabowo

Dasco mengakui bahwa dirinya belum sempat bertemu dengan Prabowo, yang menjadi tokoh utama dalam menentukan komposisi kabinet mendatang. Ia berencana untuk bertemu dengan mantan Menteri Pertahanan itu secepat mungkin dan mengklarifikasi kebenaran kabar yang berkembang.

“Nanti saya ketemu Pak Prabowo, saya akan tanyakan langsung soal isu ini,” ungkapnya singkat namun tegas.

Meski demikian, Dasco menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada pertemuan resmi ataupun komunikasi dari elit PDIP terkait peluang bergabung ke kabinet Prabowo-Gibran. Situasi ini membuat Dasco enggan memberikan tanggapan lebih lanjut mengenai rumor tersebut, dengan menekankan bahwa belum ada komunikasi apapun yang bisa dikonfirmasi.

“Belum ada pertemuan atau pembicaraan formal dengan PDIP soal ini. Jadi, saya belum bisa banyak berkomentar,” tambahnya.

PDIP Belum Mengirimkan Sinyal

Sementara itu, dari kubu PDIP, Ketua DPP PDIP Said Abdullah turut memberikan klarifikasi mengenai isu ini. Menurut Said, sampai saat ini Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, belum memberikan sinyal atau arahan terkait keterlibatan kader PDIP dalam kabinet Prabowo-Gibran.

“Belum ada sinyal dari Ibu Ketua Umum. Tiga nama yang disebut-sebut itu, baik Pak Budi Gunawan, Pak Azwar Anas, maupun Pak Olly Dondokambey, semuanya masih menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Megawati,” ujar Said di gedung DPR, Kamis (3/10/2024).

Said juga menekankan bahwa sejauh ini, tidak ada pembicaraan internal dalam PDIP terkait pembentukan kabinet Prabowo-Gibran. Semua keputusan, lanjut Said, akan diputuskan oleh Megawati pada waktu yang tepat.

Pertemuan Megawati-Prabowo: Isyarat Penting?

Meskipun begitu, Said mengisyaratkan bahwa dalam waktu dekat, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024. Pertemuan ini diperkirakan akan berlangsung di lokasi yang dinilai memiliki makna historis bagi keduanya.

“Pertemuan mereka akan berlangsung di tempat yang sakral, karena memiliki nilai historis bagi kedua tokoh besar bangsa ini,” kata Said, tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai tempat dan waktu pertemuan.

Pertemuan ini tentu menjadi penantian publik, apakah nantinya akan ada pembicaraan soal keterlibatan PDIP dalam pemerintahan Prabowo-Gibran, atau sekadar pertemuan politik simbolis untuk mempererat hubungan antara dua sosok berpengaruh tersebut.

Kabinet Prabowo-Gibran: Panggung Koalisi Baru?

Spekulasi mengenai siapa yang akan mengisi posisi strategis dalam kabinet pemerintahan mendatang terus memanas, apalagi dengan semakin dekatnya hari pelantikan. Pertanyaan utama yang terus menggelayut adalah: apakah kabinet Prabowo-Gibran akan menggandeng kekuatan dari luar koalisi pemenang Pilpres? PDIP sebagai salah satu kekuatan politik besar tentunya menjadi sorotan utama. Namun, dengan belum adanya sinyal resmi dari Megawati, spekulasi ini masih terombang-ambing.

Hingga kini, tidak ada jawaban pasti mengenai komposisi kabinet yang akan diisi oleh Prabowo dan Gibran. Para pengamat politik terus mencermati setiap manuver dan pertemuan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh penting, sembari menunggu waktu pelantikan semakin dekat. Satu hal yang pasti, apapun susunan kabinetnya, pemerintahan mendatang akan menjadi panggung besar bagi kerja sama politik dan kepentingan yang kompleks.

(Mond/B1)

#Nasional #KabinetPrabowo #Politik #SufmiDascoAhmad